Setting Internet Cepat Dengan Modifikasi Firefox

Setting Internet Cepat Firefox


Firefox adalah jenis browser yang sangat mudah di modifikasi oleh user mana saja. Salah satu manfaat firefox adalah bisa digunakan untuk mengakses internet dengan lebih cepat. Kita bisa melakukan setting internet cepat dengan modifikasi firefox. Hanya dengat sedikit mengubah setting, anda bisa membuat firefox 2x lebih cepat dalam mengakses internet.

Berikut ini setting internet cepat pada firefox.

1. Mengaktifkan Pipelining
Biasanya browser bekerja dengan mengirimkan permintaan kepada server dan menunggu respon sebelum melanjutkan proses. Pipelining adalah sebuah teknik lebih agresif yang memungkinkan browser untuk mengirimkan beberapa permintaan sekaligus sebelum menerima respon apapun untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh isi halaman. Untuk mengaktifkan fungsi ini ketik "about:config" pada kotak alamat, klik-ganda pada "network.http.pipelining" dan "network.http.proxy.pipelining" agar nilainya berubah menjadi "true" kemudian klik-ganda pada "network.http.pipelining.maxrequest" dan jadikan nilainya "8".

Perlu diingat bahwa beberapa server tidak melayani pipelining. Jadi, ada kemungkinan kalau pengaturan ini justru memperburuk kinerja. Atur kembali semuanya seperti pengaturan awal jika memang terjadi masalah.


2. Render dengan Cepat
Situs yang besar dan rumit bisa memakan waktu untuk diunduh. Firefox tidak ingin membuat Anda menunggu, jadi dengan pengaturan standar Firefox akan langsung menampilkan apa yang ia terima setiap 0,12 ******* Walaupun hal ini membuat browser terkesan lebih cepat, rendering ulang yang dilakukan terus menerus meningkatkan waktu total yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman, kita dapat mengurangi jumlah rendering ulang untuk meningkatkan kinerja.

Ketik "about:config" dan tekan [ENTER], kemudian klik kanan pada tampilan utama dan kemudian pilih "New > Integer". Ketik "content.notify.interval" sebagai nama preferensi Anda, klik "ok", masukkan "500000" (500 ribu) dan klik "ok" kembali.

Klik kanan lagi pada tampilandan pilih "New > Boolean". Kali ini buat nilai disebut "content.notify.ontimer" dan atur menjadi "True" untuk menyelesaikan tugas Anda.


3. Loading Lebih Cepat
Jika Anda tidak menggerakkan tetikus atau menyentuh keyboard selama 0,75 detik, Firefox akan masuk ke dalam mode "low frequency interrupt" yang artinya interface-nya menjadi kurang responsif tetapi bisa me-load halaman lebih cepat.

Ketik "about:config" dan tekan [ENTER], klik kanan pada tampilan dan pilih "New > Integer". Ketik "content.switch.threshold", klik "ok", masukkan "250000" (seperempat detik) dan klik "ok" untuk menyelesaikan.


4. Tidak Ada Interupsi
Anda bisa melakukan langkah lebih jauh dengan memberitahu Firefox untuk sama sekali mengabaikan user interface events sampai halaman selesai diunduh. Memang cara ini agak ekstrim karena Firefox bisa menjadi tidak responsif selama beberapa waktu, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba apakah efeknya positif untuk Anda.

Ketik "about:config", tekan [ENTER] dan klik kanan, pilih "New > Boolean". Ketik "content.interrupt.parsing", klik "ok", atur nilainya menjadi "False" dan klik "ok".


5. Tingkatkan Ukuran Cache
Ketika berselancar Firefox akan menyimpan gambar dan skrip pada memory cache lokal di mana Anda bisa mempercepat pengambilan data jika mengunjungi situs yang sama kembali. Jika Anda memiliki RAM yang besar (2GB atau lebih), biarkan Firefox berjalan lebih lama sehingga mengunjungi kembali halaman-halaman situs akan lebih cepat, terutama dengan cache yang besar.

Ketik "about:config" dan tekan [ENTER], kemudian klik kanan dan pilih "New > Integer". Ketik "browser.cache.memory.capacity", klik "ok", masukkan "65536" dan klik "ok", kemudian "restart" browser untuk mendapatkan cache yang baru dan lebih besar.


6. Aktifkan TraceMonkey
TraceMonkey adalah engine Javascript baru dari Mozilla yang super cepat, dalam beberapa benchmark bahkan mencetak nilai 40x lebih besar dibandingkan versi saat ini. Tracemonkey mungkin saat ini memang dalam tahap pengembangan dan masih sedikit buggy, tetapi jika Anda berkeberatan menggunakan perangkat lunak dalam tahap pengembangan, dapatkan nightly build terbaru dari (ftp://ftp.mozilla.org/pub/firefox/nightly/latest-trunk/).

Ketik "about:config" pada kotak alamat dan tekan [ENTER]. Ketik "JIT" pada kotak filter, lalu klik ganda "javascript.options.jit.chrome" dan "javascript.options.jit.content" untuk mengubah nilainya menjadi "true". Selamat!, kini Anda telah menggunakan engine Javascript mutakhir Firefox.


7. Kompres Data
Jika Anda memiliki koneksi internet lambat, mungkin Anda merasa bahwa Firefox tidak berkinerja baik. TItu tidak sepenuhnya benar! Instalasikan toonel.net dan aplikasi Java ini akan mengambil alih trafik internet Anda melalui server-nya sendiri. Semua data yang melalui server Toonel lalu dikompres sehingga data yang perlu diunduh browser lebih sedikit.

Bahkan, Toonel juga bisa mengompres gamar JPEG, tetapi tentunya berdampak pada penurunan kualitas gambar. Tips ini berguna untuk memangkas jumlah data yang dikirimkan, bermanfaat jika memiliki akun internet yang terbatas per bulan atau saat menggunakan koneksi internet yang lambat seperti GPRS.


Selain menggunakan cara diatas, anda juga bisa mempercepat koneksi internet dengan addons firefox.

Dari berbagai sumber

7comments:
  1. Anonymous says:

    ne ane bagi software buat mempercepat koneksi internet..
    smuanya FULL version...
    tinggal download ajjah...
    ne link-nya...

    cfoss speed

    http://www.ziddu.com/download/15732803/cFosSpeedv4.25build1431FULL.rar.html


    name bench

    http://www.ziddu.com/download/15758515/namebench-1.3.1-Windows.rar.html

  2. Bermanfaat sekali infonya, izin sedot dan praktek...Thanks...

  3. Sedot WC says:

    saya baru tahu ada cara semacam ini
    terima kasih ya agan buat uraian setting browser mozilla firefox di atas..

  4. saya coba dulu sob tipsnya

    http://dexamaker.blogspot.com/

  5. saya tertarik infonya dan ijin sedot infonya, dari pengalaman settingan ini menurut saya kok lebih baik yang standar saja lho dengan catatan gunakan firefox terbaru dan gunakan add on maksimal dari fasilitasnya. Setting ini diperlukan untuk fasilitas tertentu saja, mungkin lebih tepat guna. olh karenanya bagi yang akan melakukan setting perlu kiranya mencatat atas perubahan yang dilakukan atau membackupnya setingan awal.

  6. masita says:

    Saya ingin bertanya dulu sob, apakah tips diatas juga akan berfungsi jika internet kita dipakai bersama (misalnya dikantor)?

  7. terimakasih artikelnya sangat membantu masbro